Pengembangan Ensiklopedia Etnomedisin Etnis Mandailing di Kawasan Gunung Sorik Marapi sebagai Sumber Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Etnobotani

Zaimah, Ummi (2022) Pengembangan Ensiklopedia Etnomedisin Etnis Mandailing di Kawasan Gunung Sorik Marapi sebagai Sumber Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Etnobotani. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8206173003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8206173003 COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  8206173003 PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8206173003 PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8206173003 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8206173003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8206173003 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8206173003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8206173003 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8206173003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  8206173003 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8206173003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  8206173003 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8206173003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  8206173003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8206173003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  8206173003 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8206173003 BAB I.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  8206173003 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8206173003 BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  8206173003 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8206173003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku Ensiklopedia Etnomedisin Etnis Mandailing di Kawasan Gunung Sorik Marapi sebagai Sumber Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Etnobotani menurut ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, tanggapan dari dosen, dan juga tanggapan dari mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data awal dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan penelitian eksploratori. Lokasi penelitian untuk mengumpulkan data tumbuhan obat meliputi empat kecamatan dan masing-masing kecamatan diwakili oleh satu desa di sekitar kawasan Gunung Sorik Marapi sedangkan data untuk pengembangan buku berada di Universitas Negeri Medan. Data dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian dari ahli materi sebesar 85,5% kategori sangat valid, dapat digunakan tetapi perlu revisi kecil, ahli pembelajaran sebesar 91,75% kategori sangat valid, dapat digunakan tetapi perlu revisi kecil, dan ahli desain sebesar 96,67% kategori sangat valid, dapat digunakan tetapi perlu revisi kecil, rata-rata penilaian dosen biologi sebesar 91,33% kategori sangat valid, dapat digunakan tetapi perlu revisi kecil, dan rata-rata penilaian dari mahasiswa sebesar 89,33% kategori sangat valid, dapat digunakan tetapi perlu revisi kecil. Uji N-gain untuk melihat efektifitas buku ensiklopedia terhadap proses pembelajaran menunjukkan nilai sebesar 0,4277 (sedang) yang berarti buku ensiklopedia etnomedisin efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa buku ensiklopedia etnomedisin etnis mandailing di kawasan Gunung Sorik Marapi sebagai sumber belajar mahasiswa pada mata kuliah etnobotani layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar yang dapat digunakan mahasiswa untuk menunjang pembelajaran pada mata kuliah etnobotani.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 580 Zai p
Keywords: ADDIE; Ensiklopedia; Etnobotani; Etnomedisin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Jul 2022 05:45
Last Modified: 22 Jul 2022 05:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46638

Actions (login required)

View Item
View Item