Sitohang, Deny Jefriyanti (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Google Clasroom Terhadap Hasil Belajar Desain Busana Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163143003 COVER.pdf
Download (117kB)
2. NIM. 5163143003 APPROVAL SHEET.pdf
Download (265kB)
3. NIM. 5163143003 ABSTRACT.pdf
Download (140kB)
4. NIM. 5163143003 PREFACE.pdf
Download (235kB)
5. NIM. 5163143003 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (147kB)
6. NIM. 5163143003 TABLES.pdf
Download (112kB)
7. NIM. 5163143003 ILLUSTRATION.pdf
Download (141kB)
8. NIM. 5163143003 APPENDICES.pdf
Download (113kB)
9. NIM. 5163143003 CHAPTER I.pdf
Download (406kB)
13. NIM. 5163143003 CHAPTER V.pdf
Download (138kB)
14. NIM. 5163143003 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (140kB)
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu : 1) Untuk mengetahui hasil belajar membuat desain busana pesta malam dengan menggunakan metode pembelajaran langsung. 2) Untuk mengetahui hasil belajar membuat desain busana pesta malam dengan pembelajaran daring berbasis Google Classroom. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran daring berbasis Google Classroom terhadap hasil belajar pembuatan desain busana pesta malam. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Pematangsiantar, Jalan Medan KM 10,5 Tapian Dolok, Kota Pematangsiantar. Penelitian ini memakai siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021 sebagai populasi sebanyak 150 siswa siswa. Sampel diambil sebanyak 2 kelas dengan penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu kelas XI Tata Busana 2 dan XI Tata Busana 4. Metode penelitian yang dipakai ialah metode eksperimen semu atau Quasi Eksperimen. Dari penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan hasil belajar untuk siswa kelas kontrol cenderung tinggi dengan tingkat kecenderungan hasil belajar 36,6% sementara untuk kelas eksperimen tergolong pada kategori kurang dengan jumlah 73,3%. Rumus uji Liliefors digunakan untuk pengujian normalitas data dengan taraf signifikan 0,05 dengan dk=30, didapat hasil data penelitian kelas ekperimen mempunyai distribusi normal dengan hasil Lhitung < Ltabel (0,109 <0,161). Untuk hasil pengujian homogenitas didapat hasil Fhitung < Ftabel yaitu 1,52 < 1,8 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama/homogen. Uji hipotesis memakai uji-t dengan hasil thitung > ttabel = -4,53 > 1,671 dengan taraf signifikan 0,05 dengan dk=58. Maka dari hasil penelitain yang telah dilaksanakan dinyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran daring berbasis Google Classroom terhadap hasil belajar desain busana kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Berdasar pada hasil perhitungan maka dapat diketahui pembelajaran langsung lebih baik daripada pembelajaran daring berbasis Google Classroom untuk dipergunakan pada pembelajaran Desain Busana SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran daring, Google Classroom, desain busana pembelajaran daring, Google Classroom, desain busana pembelajaran daring, Google Classroom, desain busana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 08:02 |
Last Modified: | 03 May 2024 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46615 |