Hutasoit, Tantrina (2016) KONTRIBUSI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TUNAS BANGSA KECAMATAN MUARA KABUPATEN TAPANULI UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2111542023 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
1. NIM. 2111542023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
3. NIM. 2111542023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM. 2111542023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM. 2111542023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. NIM. 2111542023 BAB I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
10. NIM. 2111542023 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
11. NIM. 2111542023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi media audio visual dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi anak usia 5-6 tahun, mengetahui lagu yang diajarkan, kendala yang dihadapi dengan kontribusi media audio visual dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi anak di TK Tunas Bangsa Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara.
Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan teori kontribusi, teori media audio visual, teori meningkatkan kemampuan, teori bernyanyi, teori anak usia 5-6 tahun.
Penelitian ini dilakukan di Desa Aritonang TK Tunas Bangsa Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara pada bulan November 2015- Januari 2016. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang anak di kelas A dan 1 orang guru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan kontribusi media audio visual dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Bangsa Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara. Dengan kontribusi media audio visual dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi relatif baik diterapkan pada usia 5-6 tahun dan dengan kontribusi media audio visual kemampuan bernyanyi anak di TK Tunas Bangsa Kecamatan Muara meningkat dan tergolong baik. lagu berbahasa Indonesia seperti Bintang Kecil, Balonku, Dua Mata Saya, Pelangi dan sebagainya, karena pada umumnya anak-anak di TK Tunas Bangsa menggunakan bahasa Batak Toba sebagai bahasa pengantar sehari-hari. Kendala yang dihadapi guru, guru harus melafalkan lagu berulang-ulang sehingga anak-anak bisa menghafal lagu tersebut dikarenakan bahasa pengantar sehari-hari bahasa Batak Toba, kendala anak apabila suasana hati anak-anak sedang tidak baik, proses belajar mengajar tidak dilanjutkan karena anak-anak bisa menangis apabila dipaksa, Dalam menghafal lagu anak-anak membutuhkan waktu yang lebih lama dikarenakan lagu yang diajarkan berbahasa indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSK 019 |
Keywords: | Kontribusi; Audio Visual; Bernyanyi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 04:14 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4661 |