Pane, Rokky Irfansyah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Di SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5161142015 COVER.pdf
Download (44kB)
2. NIM 5161142015 APPROVAL SHEET.pdf
Download (176kB)
3. NIM 5161142015 ABSTRACT.pdf
Download (142kB)
4. NIM 5161142015 PREFACE.pdf
Download (215kB)
5. NIM 5161142015 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (139kB)
6. NIM 5161142015 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
7. NIM 5161142015 TABLES.pdf
Download (112kB)
8. NIM 5161142015 APPENDICES.pdf
Download (112kB)
9. NIM 5161142015 CHAPTER I.pdf
Download (472kB)
13. NIM 5161142015 CHAPTER V.pdf
Download (215kB)
14. NIM 5161142015 BIBLIOGRAPY.pdf
Download (200kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) proses pengembangan media pembelajaran berbasis Web pada materi Hygiene dan Sanitasi Makanan, (2) informasi tentang kelayakan produk media pembelajaran berbasis Web pada materi Hygiene dan Sanitasi Makanan kelas X. Jenis penelitian yang diterapkan adalah (Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation dan (5) Evaluation. Penelitian bertempat di SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan pada bulan Maret 2021. Istrumen pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara. Kelayakan media pembelajaran ini dinilai oleh ahli media, ahli materi dan siswa. Analisis data hasil kelayakan dilakukan dengan menggunakan bantuan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media pembelajaran berbasis web telah dikembangkan dengan alamat www.senangbelajaronline.my.id.(2) media pembelajaran berbasis web pada materi hygiene dan sanitasi makanan disekolah SMKS Pariwisata Imelda Medan Layak digunakan sebagai media pembelajaran, dilihat dari hasil validasi ahli media memperoleh persentase skor aspek usability 84,70%, aspek funcitionality 85,55% dan aspek komunikasi visual 81,10%, sehingga rata-rata pervalidator memperoleh skor 83,78% yang dinyatakan produk pengembangan media pembelajaran sangat layak. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase skor aspek desain pembelajaran 89,99%, aspek isi materi 91,25% dan aspek bahasa dan komunikasi 86,66%, sehingga rata-rata pervalidator memperoleh skor 89,3% yang dinyatakan produk pengembangan media pembelajaran sangat layak., serta hasil penelitian oleh siswa pada aspek usability memperoleh presentase sebesar 79,48% yang dinyatakan pengembangan media merbasi web sangat layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media pembelajaran, web dan kelayakan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:47 |
Last Modified: | 03 May 2024 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46604 |