Sinaga, Noveince (2021) Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar Internet Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Boga Dasar Siswa SMK Putra Anda Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5163142008 COVER.pdf
Download (134kB)
2. NIM 5163142008 APPROVAL SHEET.pdf
Download (285kB)
3. NIM 5163142008 PREFACE.pdf
Download (287kB)
4. NIM 5163142008 ABSTRACT.pdf
Download (278kB)
5. NIM 5163142008 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (142kB)
6. NIM 5163142008 TABLES.pdf
Download (115kB)
7. NIM 5163142008 ILLUSTRATION.pdf
Download (114kB)
8. NIM 5163142008 APPENDICES.pdf
Download (115kB)
9. NIM 5163142008 CHAPTER I.pdf
Download (394kB)
13. NIM 5163142008 CHAPTER V.pdf
Download (143kB)
14. NIM 5163142008 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (170kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pemanfaatan sumber belajar internet; (2) Kemandirian belajar siswa; (3) Hasil belajar Boga Dasar; (4) Hubungan pemanfaatan sumber belajar internet dengan hasil belajar Boga Dasar; (5) Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar Boga Dasar; (6) Hubungan pemanfaatan sumber belajar internet dan kemandirian belajar dengan hasil belajar Boga Dasar. Penelitian dilakukan di SMK Putra Anda Binjai. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2020. Teknik pengambilan sampel secara total sampling dengan jumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes melalui google form. Teknik analisis data secara deskripsi data, tingkat kecenderungan, uji persyaratan analisis yaitu: uji normalitas dan uji linieritas, uji. Uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan pemanfaatan sumber belajar internet dan kemandirian belajar termasuk kategori cenderung cukup masing-masing sebesar 79,48 persen, 92,30 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar Boga Dasar termasuk kategori tinggi sebesar 64,10 persen. Hasil analisis korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar internet dengan hasil belajar Boga Dasar dengan nilai korelasi parsial r_(〖yx_1 x〗_2 )= 0,388 dan nilai koefisien korelasi parsial thitung > ttabel (2,527 > 1,686) pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin tinggi pemanfaatan sumber belajar internet maka semakin tinggi hasil belajar Boga Dasar. Hasil analisis korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Boga Dasar dengan nilai korelasi parsial r_(〖yx_2 x〗_1 )= 0,590 dan nilai koefisien korelasi parsial thitung > ttabel (4,386 > 1,686) pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar Boga Dasar siswa. Hasil analisis korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar internet dan kemandirian belajar dengan hasil belajar Boga Dasar dengan nilai korelasi ganda R_(〖yx_1 x〗_2 )= 0,756 dan nilai koefisien korelasi ganda Fhitung > Ftabel (23,78 > 3,26) pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin tinggi pemanfaatan sumber belajar internet dan kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar Boga Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:32 |
Last Modified: | 03 May 2024 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46601 |