Sibarani, Jufri Alam (2021) Analisis Butir Soal Dalam Buku Lembar Kerja Siswa Materi Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester Ganjil Kelas XII SMK Berdasarkan Perspektif Dimensi Proses Berpikir Oleh Anderson Dan Krathwohl. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5163122007 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 5163122007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (913kB) | Preview
3. NIM 5163122007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM 5163122007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 5163122007 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
6. NIM 5163122007 TABLES.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
7. NIM 5163122007 PICTURES.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
8. NIM 5163122007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
9. NIM 5163122007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
13. NIM 5163122007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 5163122007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis apakah butir soal yang terdapat pada buku LKS (Lembar Kerja Siswa) terbitan Sinar Mandiri telah memenuhi perspektif Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan untuk menganalisis bagaimana hasil pendistribusian butir soal Materi pemeliharaan mesin kendaraan ringan pada buku LKS (Lembar Kerja Siswa) terbitan Sinar Mandiri berdasarkan perspektif Low Order Thinking Skill (LOTS), Middle Order Thinking Skill (MOTS) dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Data dianalisis menggunakan teori level kognitif yang disempurnakan oleh Anderson dan Krathwol yang sebelumnya teori ini dikemukakan oleh Benjamin S. Bloom pada teorinya level kognitif Taksonomi Bloom pada tahun 1956, dalam teori ini terdapat 6 kerangka berpikir yaitu C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (mengaplikasikan), C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), C6 (mengkreasi).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada butir soal materi pemeliharaan mesin kendaraaan ringan dengan jumlah soal sebanyak 60 soal dengan tipe soal Low Order Thinking Skill (LOTS) sebanyak 58,3%, untuk tipe Middle Order Thinking Skill (MOTS) sebanyak 35%, dan untuk tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebanyak 6,6%. Kemudian data yang diperoleh pada butir soal materi pemeliharaan mesin kendaraan ringan terbitan Putra Nugraha dengan jumlah soal 75 soal dengan tipe soal Low Order Thinking Skill (LOTS) sebanyak 13,3%, untuk tipe Middle Order Thinking Skill (MOTS) sebanyak 53,3%, dan untuk tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebanyak 33,3%. Dan data yang diperoleh pada butir soal materi pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan terbitan Putra nugraha dengan jumlah soal 45 soal dengan tipe Low Order Thinking Skill (LOTS) sebanyak 28,8%, untuk Middle Order Thinking Skill (MOTS) sebanyak 48,6%, untuk tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebanyak 24,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis, Lembar Kerja Siswa, Dimensi Proses Berpikir, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:47 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46574 |