Franselaa, Kiki (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SMK PAB 2 HELVETIA pada Materi Dimensi Tiga. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186172008 COVER.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
2. NIM 8186172008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
3. NIM. 8186172008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
4. NIM. 8186172008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
5. NIM. 8186172008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
6. NIM. 8186172008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
7. NIM. 8186172008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 8186172008 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 8186172008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (836kB) | Preview
13. NIM. 8186172008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
14. NIM. 8186172008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash pada materi Dimensi Tiga yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa; 2) meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash pada materi Dimensi Tiga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D Thiagarajan dengan subjek penelitian 15 orang siswa/i kelas XI RPL 1 dan 15 orang siswa/i XI RPL 2 SMK PAB 2 Helvetia. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada materi Dimensi Tiga. Kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh para validator ahli media dan ahli materi dengan nilai rata-rata total berturut- turut sebesar 3,64 (kategori ‘Sangat Valid’) dan 3,34 (kategori ‘Sangat Valid’). Sementara itu, kepraktisan media pembelajaran dilihat dari skor skor angket guru dan siswa dimana pada uji coba I yaitu sebesar 0,875 (kategori ‘Sangat Praktis) dan 0,889 (kategori ‘Sangat Praktis’). Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari tiga aspek yaitu ketuntasan klasikal, respon siswa serta pencapaian waktu pembelajaran. Ketuntasan klasikal kemampuan spasial matematis siswa pada uji coba I sebesar 93,3% (14 siswa). Rata-rata respon siswa 88% (kategori ‘Positif’) pada uji coba II. Pencapaian waktu pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran waktu biasa. Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan kriteria ‘sedang’ dengan skor 0,53 (0,3<g<0,7). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Macromedia Flash yang dikembangkan ini valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa pada materi Dimensi Tiga.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 515.3 Fra p |
Keywords: | macromedia flash; kemampuan spasial; pengembangan media pembelajaran matematika, dimensi tiga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:28 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46569 |