Nasution, Muhammad Irsaf (2021) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Teknik Pemesinan Bubut Program Keahlian Teknik Pemesinan Kelas XI SMK Swasta Dwiwarna Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162121002 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 5162121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM. 5162121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
4. NIM. 5162121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM. 5162121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM. 5162121002 TABLE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
7. NIM. 5162121002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM. 5162121002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
9. NIM. 5162121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM. 5162121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
14. NIM. 5162121002 BIBLIOGHRAPY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif teknik pemesinan bubut program keahlian Teknik Pemesinan kelas XI SMK Swasta Dwiwarna Medan dan untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif yang akan dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, dimana ADDIE ini meliputi tahapan analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Pengujian produk dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Kelayakan produk diukur melalui validasi ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran. Serta penilaian produk multimedia pembelajaran interaktif ini juga diujikan kepada pengguna/siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk multimedia pembelajaran interaktif Teknik Pemesinan Bubut pada kompetensi dasar mengidentifikasi bagian-bagian mesin bubut dengan hasil pengujian kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 4,603 dengan kriteria “sangat baik”, Berdasarkan validasi ahli media diperoleh rata-rata skor sebesar 4,338 dengan kriteria “sangat baik”, dan validasi ahli desain pembelajaran diperoleh rata-rata skor sebesar 4,216 dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan Penilaian yang dilakukan kepada siswa melalui uji coba perorangan diperoleh rata-rata skor sebesar 4,454 dengan interpretasi “akseptansi tinggi”, uji coba skala kecil mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,742 dengan interpretasi “akseptansi tinggi”, dan uji coba skala besar mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,805 dengan interpretasi “akseptansi tinggi” Dengan demikian hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk penelitian pengembangan multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini layak untuk digunakan sebagai sumber belajar atau referensi pembelajaran mandiri bagi siswa kelas XI teknik Pemesinan bubut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Multimedia Pembelajaran Interaktif, Kelayakan Media, Teknik Pemesinan Bubut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA213 Engineering machinery, tools, and implements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:20 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46563 |