HDP, Haris (2020) Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Gerak Dasar Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156118040 COVER .pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM 8156118040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
3. NIM 8156118040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
4. NIM 8156118040 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM 8156118040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 8156118040 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 8156118040 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 8156118040 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8156118040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13. NIM 8156118040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
14. NIM 8156118040 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Kemampuan kognitf merupakan tujuan capaian Pendidikan terutama untuk anak usia dini, pemilihan model pembelajaran yang tepat melalui karakteristik kegiatan anak usia dini yaitu gerak menjadi dasar penelitian dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan analisis data anava factorial 2x2. Populasi penelitian adalah TK Galilea Hosana Kids Medan, dengan jumlah 80 orang. Melalui teknik pemilihan purposive sampling maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 28 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk melihat kemampuan gerak dasar dalam penelitian adalah TGMD-2, instrument test kognitif menggunakan tes yang disusun peneliti dan telah valid melalui proses validasi dan realibilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran langsung memberikan pengaruh lebih tinggi, sedangkan untuk kemampuan gerak rendah model pembelajaran kooperatif memberikan pengaruh lebih tinggi dengan .(X ̅)=71,00, sedang kemampuan gerak tinggi model pembelajaran langsung memberikan pengaruh lebih besar dengan . (X ̅)=82,71. Dapat disimpulkan dalam penelitian kemampuan gerak dasar memberikan pengaruh paling besar untuk peningkatan kemampuan gerak. Dengan demikian disarankan penggunaan materi gerak dalam mambantu anak usia dini dapat dicapai melalui pemberian materi wajib penjas untuk seluruh tingkatan termasuk PAUD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 796.072 Hdp p |
Keywords: | kemampuan gerak dasar; kognitif ; model pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:15 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46562 |