Ritonga, Davit (2022) mplementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Garoga. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3172111003 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 3172111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
3. NIM. 3172111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM. 3172111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM. 3172111003 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM. 3172111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 3172111003 TABELS.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 3172111003 LISH OF STRUTURE.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 3172111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM. 3172111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 3172111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis E-Learning dalam mata pelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini memakai metode deskripstif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara (tanya jawab) denga informan serta dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini yakni Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Garoga, 2 orang Guru mata pelajaran PPKn yang berada di SMA Negeri 1 Garoga dan 5 orang siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa implementasi pendidikan karakter selama pembelajaran sebelum daring di SMA Negeri 1 Garoga belum terpenuhi dengan baik karena memiliki beberapa kendala dalam penerapannya. Implementasi pendidikan karakter selama pembelajaran daring yaitu para siswa di tuntut untuk disiplin waktu, disiplin berpakaian, memberikan pengarahan bagi siswa dalam upacara penaikan bendera pada hari senin walaupun melalui aplikasi zoom, para guru selalu meningkatkan karakter-karakter yang bagus dan selalu mengingatkan siswa untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, kegiatan-kegiatan yang mendukung pendidikan karakter yaitu dengan membuat pelatihan pramuka baik secara online maupun secara langsung di lapangan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Para guru juga memiliki strategi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter selama pembelajaran berbasis E-Learning dan berupaya dalam mengembangkan sikap kejujuran, disiplin, dan tanggungjawab siswa pada masa pembelajaran berbasis E-Learning dengan membuat penugasan misalnya siswa mengerjakan tugas melalui daring. Adapun kendala yang dialami seperti sulitnya mengakses jaringan internet, para guru masih ada yang belum mahir mengoperasikan penggunaan alat elektronik seperti laptop, sebagian siswa melanggar aturan pembelajaran online, meniru tugas teman, pengawasan pendidikan karakter tidak bisa dilaksanakan secara langsung dan sebagian siswa masih ada yang tidak memiliki handphone untuk mengikuti PBM secara online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-010 |
Keywords: | Pendidikan karakter; E-learning; Pembelajaran PPKn |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 03:38 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46548 |