ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN LANGKAH PEMECAHAN MASALAH POLYA

Sihotang, Srimega (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN LANGKAH PEMECAHAN MASALAH POLYA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171111052 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171111052 COVER.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171111052 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171111052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171111052 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171111052 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171111052 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171111052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171111052 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171111052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171111052 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171111052 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171111052 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171111052 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171111052 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171111052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesalahan siswa, lembar jawaban siswa, dan faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigalingga dalam menyelesaikan soal cerita teorema Pythagoras berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian ini adalah tes dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII- 1 SMP Negeri 1 Tigalingga sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) Persentase tingkat kesalahan siswa pada setiap langkah pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah sebesar 15,67% termasuk dalam kategori kesalahan kecil, menyusun rencana penyelesaian sebesar 32,89% termasuk dalam kategori kesalahan cukup tinggi, menyelesaikan rencana penyelesaian sebesar 45,11% termasuk dalam kategori kesalahan tinggi dan memeriksa kembali sebesar 91,33% termasuk dalam kategori kesalahan sangat tinggi; (2) Pada lembar jawaban siswa masih terdapat banyak kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya; dan (3) Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi teorema Pythagoras berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya yang paling dominan siswa tidak terbiasa untuk memeriksa kembali solusi yang diperolehnya sehingga dalam memeriksa solusi yang diperolehnya, siswa tidak menggunakan langkah-langkah yang runtut (sistematis), siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan matematika untuk menyelesaikan model matematika yang telah dibuatnya dan siswa kurang hati-hati dalam menentukan kesimpulan terhadap permasalahan yang diberikan, siswa tidak terbiasa menuliskan metode dan langkah-langkah yang akan digunakan dalam menyelesaikan model matematika yang telah dibuatnya, siswa kurang cermat dan teliti dalam membaca soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 183
Keywords: Soal cerita; Teorema pythagoras; Analisis kesalahan siswa; Pemecahan masalah polya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jul 2022 05:37
Last Modified: 20 Jul 2022 05:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46528

Actions (login required)

View Item
View Item