Siringo-ringo, Angelin (2021) Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2173111004 COVER.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
2. NIM. 2173111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
3. NIM 2173111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM 2173111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
5. NIM 2173111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6. NIM 2173111004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7. NIM 2173111004 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM 2173111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 2173111004 CAHPTER I.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
13. NIM 2173111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM 2173111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesesuaian uraian materi dengan KI dan KD, (2) keakuratan materi, dan (3) pendukung materi pembelajaran dari buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Instrumen yang digunakan mengacu pada standar penilaian kelayakan isi buku teks yang telah ditetapkan BSNP. Hasil penelitian menunjukkan (1) kesesuaian uraian materi dengan KI dan KD yang terdiri dari kelengkapan materi dan kedalaman materi memperoleh status sangat layak, (2) keakuratan materi yang terdiri dari pemilihan wacana, teks, gambar, dan ilustrasi sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai, konsep dan teori sesuai sistematika keilmuan, pemilihan contoh sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai, dan pelatihan, penugasan, dan penilaian sesuai tuntutan penilaian autentik memperoleh status sangat layak, (3) pendukung materi pembelajaran yang terdiri dari kesesuaian dengan perkembangan ilmu memperoleh status cukup layak, kesesuaian fitur/contoh/pelatihan/rujukan memperoleh status sangat layak, pengembangan wawasan kebhinekaan, dan pengembangan wawasan kebangsaan dan integrasi bangsa memperoleh status kurang layak, tidak mengandung unsur SARA, HAKI, pornografi dan bias (gender, wilayah, dsb) memperoleh status sangat layak. Secara keseluruhan buku teks Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud dari segi kelayakan isi memperoleh persentase sebesar 78,95% atau dalam kategori layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Buku Teks; Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 02:10 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46526 |