APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN GAYA MENGAJAR BIDANG PJOK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF

LPPM Universitas Negeri Medan (2021) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN GAYA MENGAJAR BIDANG PJOK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. EC00202175070.

[thumbnail of Sertifikat_EC00202175070.pdf]
Preview
Text
Sertifikat_EC00202175070.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang visi Universitas Negeri Medan yang salah satunya dalam hal mengembangkan rekayasa industri dan teknologi yang kreatif. Perubahan ini sejalan dengan perubahan revolusi industri 4.0 yang menuntut suatu penelitian yang dapat menghasilkan suatu karya yang inovatif yang mencakup rekayasa industri terhadap setiap program studi yang ada di lingkungan Unimed. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk aplikasi gaya mengajar pada guru pendidikan jasmani olahraga kesehatan (PJOK) yang berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan terhadap guru PJOK yang selama ini pada penggunaan gaya mengajar yang dilakukan guru PJOK hanya berpusat pada guru secara terus-menerus dan belum sepenuhnya menerapkan variasi gaya mengajar sehingga hal tersebut menyebabkan peserta didik menjadi bosan dan dapat menghambat potensi yang ada pada peserta didik. Dalam hal lain minimnya pengetahuan yang dimiliki guru PJOK terhadap gaya mengajar, dan rendahnya minat guru untuk membaca buku dan mencari sumber tenteng gaya mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan model Borg and Gall (1983) yang dibagi dalam tiga tahapan. Adapun tahapan penelitian tersebut yaitu; (1) Tahap pra pengembangan, yang mana pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan melalui survey tingkat kebutuhan alat bagi pengguna, penyusunan instrument dan konsultasi kepada pakar. (2) Tahap pengembangan mengembangkan produk “Aplikasi Gaya Mengajar” yang dimulai dari pengembangan produk awal naskah (buku manual), merancang kerja dan desain aplikasi, ujicoba kelompok kecil, perbaikan tahap I, ujicoba kelompok besar, perbaikan tahap II, produksi massal. (3) Tahap evaluasi implementasi hasil produk dan desiminasi produk.

Item Type: Patent
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jul 2022 09:01
Last Modified: 05 Aug 2022 09:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46509

Actions (login required)

View Item
View Item