MODEL PEMBELAJARAN PJOK TINGKAT SMP BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

LPPM Universitas Negeri Medan (2022) MODEL PEMBELAJARAN PJOK TINGKAT SMP BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM. EC00202206827.

[thumbnail of Sertifikat_EC00202206827.pdf]
Preview
Text
Sertifikat_EC00202206827.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad 21 menggunakan istilah yang dikenal 4C (critical thinking, communication, collaboration, and creativity), adalah empat keterampilan yang telah diidentifikasi sebagai keterampilan abad ke-21 (P21) sebagai keterampilan sangat penting dan diperlukan pendidikan abad ke-21, Guru sebagai fasilitator, motivator dan inspirator. Saat ini perkembangan digital sudah demikian maju, guru bukan satu-satunya sumber informasi untuk belajar. Guru harus menjadi fasilitator dan motivator bagi siswa mencari dan memanfaatkan sumber belajar melalui kemajuan digital. Tuntutan pembelajaran PJOK abad 21 bukan hanya bertumpu pada
kemampuan keterampilan bertanya guru sebagai alat rangsang pembelajaran yang HOTs, lebih dari itu guru juga harus dapat mengimplementasikan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Narasi yang telah diungkapkan menjadi fondasi penelitian ini bahwa : a) Perlu adanya suatu sistem manajeman pembelajaran PJOK di SMP yang holistic mengakomodir pembelajaran abad 21. b) Sistem manajemen pembelajaran PJOK di SMP yang dibangun memudahkan guru menjalankan fungsinya. c) Memudahkan guru mengelola pembelajaran HOTs. d) Melatih guru dan siswa beradaptasi dengan pembelajaran penerapan TPACK. e) Memudahkan siswa dalam proses pembelajaran mandiri. Desain penelitian menggunakan research and development (R&D) Borg dan Gall. Dibatasi sampai tahapan ke 3, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (research and information), (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draf produk (develop preliminary form of product). Direncanakan penelitian pengembangan ini menghasilkan draf produk model pembelajaran tingkat SMP yang terdiri dari perangkat pembelajaran yang akan di uji coba terlebih dahulu pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di 4 Kabupaten/Kota, yang pada akhirnya akan di unggah ke dalam LMS penggunaannya. Penelitian ini ingin mengetahui sampai sejauh mana tingkat
pemahaman Learning Management System dalam pembelajaran PJOK tingkat SMP di Sumatera Utara. Sesuai dengan tuntutan pembelajaran PJOK abad 21 bukan hanya bertumpu pada kemampuan keterampilan bertanya guru sebagai alat rangsang pembelajaran yang HOTs, lebih dari itu guru juga harus dapat
mengimplementasikan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Draf Produk penelitian menawarkan keterampilan abad 21 yang harus dimiliki peserta didik diantaranya seperti keterampilan berfikir kritis (Critical Thinking) atau pemecahan masalah (Problem Solving), keterampilan komunikasi (Communication), keterampilan kolaborasi (Collaboration), dan berfikir kreativitas (Creativity) dan Inovasi (Innovation). Sedangkan pada teknologi informasi dan teknologi komunikasi terdiri dari dua buah konsep yang tidak
terpisahkan yakni Jenis IT yang dimanfaatkan untuk pembelajaran dan Pemanfaatan IT dalam pembelajaran.

Item Type: Patent
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:47
Last Modified: 22 May 2023 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46504

Actions (login required)

View Item
View Item