PENDAMPINGAN MANAJERIAL PERANGKAT PEMBELAJARAN SEKOLAH BERBASIS APLIKASI PADA KKG OLAHRAGA KECAMATAN BINJAI SELATAN

LPPM Universitas Negeri Medan (2022) PENDAMPINGAN MANAJERIAL PERANGKAT PEMBELAJARAN SEKOLAH BERBASIS APLIKASI PADA KKG OLAHRAGA KECAMATAN BINJAI SELATAN. EC00202232712.

[thumbnail of Sertifikat_EC00202232712.pdf]
Preview
Text
Sertifikat_EC00202232712.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (856kB) | Preview

Abstract

Mitra kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah Kecamatan Binjai Selatan berjarak 21 km dari Universitas Negeri Medan. Dinas pendidikan Kecamatan Binjai Selatan juga menghadapi permasalahan yang sama dengan daerah lainnya terutama dalam Perangkat Pembelajaran oleh guru pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan (PJOK) di KKG Olahraga. Terdapat beberapa permasalahan mitra diantaranya di masa pandemi covid-19 pembelajaran penjas sangat tidak efektif, hal ini dikarenakan (1) Kurangnya pemanfaat teknologi sebagai sumber belajar. (2) Guru kurang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dalam merancang sebuah bahan ajar berbasis online. (3) Guru PJOK cenderung kurang menggunakan teknologi dalam merancang sebuah pembelajaran dikarenakan tidak mampu menggunakan teknologi. Dari ketiga permasalahan utama tersebut tidaklah memungkinkan untuk diselesaikan ketiga permasalahan tersebut maka pada kegiatan
Peningkatan Kualitas Pembelajaran KKG Olahraga kali ini ditentukan permasalahan prioritas yang akan diselesaikan bersama mitra dalam kegiatan ini adalah: 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra tentang pembuatan bahan ajar berbasis online, 2) menyediakan fasilitas penyusunan bahan ajar berbasis online bagi mitra, 3) melatih mitra untuk dapat menggunakan bahan ajar berbasis online dan dapat membuat bahan ajar secara mandiri. 4) Menjadikan bahan ajar berbasis online sebagai kreatifas mencari sumber belajar bagi mitra PKM. Target luaran yang akan dicapai pada kegiatan ini sebagai berikut: (1) Luaran wajib; (a) jurnal ber ISSN, (b) publikasi media cetak / online, (c) publikasi video, (d) HKI Laporan, (e) KI Produk (2) Luaran tambahan; Peningkatan penerapan iptek di masyarakat.
Metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan pengabdian adalah model pemberdayaan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut : 1) penjajakan dilakukan untuk memperoleh kesepakatan tentang mekanisme pelaksanaan pendampingan dengan cara Focus Group Discusion; 2) pelaksanaan workshop untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam perancangan Pendampingan Manajerial Perangkat Pembelajaran Sekolah Berbasis Aplikasi; 3) lesson study atau bimbingan teknis I untuk mendampingi Manajerial Perangkat Pembelajaran Sekolah Berbasis Aplikasi bagi peserta; 4) evaluasi dan refleksi untuk melihat tingkat ketercapaian pelaksanaan kegiatan; 5) lesson study atau bimbingan teknis 2 dilakukan untuk finalisasi Perangkat Pembelajaran berbasis aplikasi.

Item Type: Patent
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:21
Last Modified: 09 Aug 2022 03:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46484

Actions (login required)

View Item
View Item