Wildayani, Hiranda (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kimia Komputasi Pada Pokok Bahasan Isomer Mata Kuliah Reaksi Kimia Organik. Masters thesis, UNIMED.
1. 8196142007 COVER.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
2. 8196142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
3. 8196142007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
4. 8196142007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
5. 8196142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
6. 8196142007 TABLES.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
7. 8196142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
8. 8196142007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
9. 8196142007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
13. 8196142007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
14. 8196142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
Abstract
Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan berbasis kimia komputasi, serta (4) Mengetahui persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis kimia komputasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang meliputi: tahap (1) Analisis kebutuhan meliputi analisis kurikulum dan analisis bahan ajar, tahap (2) Pengembangan media pembelajaran berbasis kimia komputasi memodelkan senyawa isomer menggunakan perangkat lunak Avogadro versi 1.1.1, perhitungan komputasi menggunakan perangkat lunak NWChem versi 6.6 dengan metode DFT dengan fungsi hibrid B3LYP/basis set 6-31G(d), hasil perhitungan divisualisasikan menggunakan perangkat lunak Jmol. (3) Standarisasi media pembelajaran berbasis kimia komputasi sesuai BSNP dan kelayakan media pembelajaran berbasis kimia komputasi oleh validator ahli materi dan ahli media, tahap (4) Implementasi pada mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia, FMIPA Unimed dan (5) Evaluasi seluruh kegiatan meliputi analisis data instrumen standarisasi media pembelajaran, instrumen tes, pretest, posttest dan angket persepsi mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia UNIMED angkatan 2020 yang mengikuti matakuliah reaksi kimia organik berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian BSNP, soal tes objektif yang telah valid dan angket persepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kelayakan analisis kebutuhan dan analisis bahan ajar pada pembelajaran isomer mengintegrasikan kurikulum KKNI, 2) Kelayakan media pembelajaran berbasis kimia komputasi berdasarkan BSNP yang dilakukan oleh validator ahli diperoleh kelayakan isi rata-rata nilai 3,7 (sangat layak); kelayakan bahasa rata-rata nilai 3,9 (sangat layak); dan kelayakan penyajian rata-rata nilai 3,8 (sangat layak) dengan kategori dari semua kelayakan adalah layak dan tidak perlu revisi, 3) Peningkatan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan media pembelajaran berbasis kimia komputasi sebesar 0,72 (kategori tinggi), dan 4) Persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis kimia komputasi dikategorikan baik sekali dengan rata-rata 86%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.307 2 Wil p |
Keywords: | NWChem; kimia komputasi; isomer; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:24 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46468 |