Mujahid, Fathin Nisak (2022) Analisis Efektivitas Pembelajaran Geografi di Masa Pandemi Covid-19 di Kelas XI IPS B SMA Negeri 1 Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3161131018 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 3161131018 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
3. NIM. 3161131018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. NIM. 3161131018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM. 3161131018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 3161131018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3161131018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3161131018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 3161131018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. NIM. 3161131018 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM. 3161131018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran geografi di masa pandemi dan (2) efektivitas pembelajaran geografi di kelas XI IPS B SMA Negeri 1 Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Dolok Masihul dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dolok Masihul. Sampel dalam penelitian kelas XI IPS B berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan observasi dengan menggunakan lembar observasi serta dianalisis dengan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Dolok Masihul semasa pandemi covid-19 dilaksanakan secara daring dengan menfaatkan aplikasi whatsapp group, google classroom dan zoom meeting. (2) Efektivitas pembelajaran geografi di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Dolok Masihul meliputi mutu pembelajaran tergolong pada kategori tidak efektif (53%), tingkat pengajaran cukup efektif (78%), insentif tergolong kategori cukup efektif (78%) dan waktu pembelajaran pada kategori sangat tidak efektif (30%). Maka pembelajaran geografi di masa pandemi covid-19 menunjukkan hasil yang tidak efektif yaitu sebesar (59,75%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-GEO-022 |
Keywords: | Pembelajaran geografi; Masa pandemi; Whatsapp group; Google classroom |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46465 |