Ritonga, Dian Sasmita (2022) Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Pengetahuan Prosedural dan Efikasi Diri Mahasiswa Pada Praktikum Ekstraksi DNA di Program Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1, NIM 4183141069 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 4183141069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM 4183141069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM 4183141069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM 4183141069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. NIM 4183141069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4183141069 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4183141069 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4183141069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
13. NIM 4183141069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 4183141069 BIBLIOGRPAHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laboratorium virtual (OSIBYL) terhadap pengetahuan prosedural dan efikasi diri mahasiswa pada praktikum ekstraksi DNA di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah Pre-Experimental dengan desain penelitian One Group of Pretest-Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas PSPB 2019 Universitas Negeri Medan yaitu sebanyak 6 kelas. Sampel yang digunakan berjumlah 32 mahasiswa yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data pengetahuan prosedural menggunakan soal pretest dan post-test dan angket efikasi diri. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata skor pretest pengetahuan prosedural adalah
66.41 dan post-test 81.25. Peningkatan pengetahuan prosedural ditunjukan oleh nilai n-gain sebesar 0.433 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel (8.646 > 2.040), maka Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata hasil pretest dan post-test. Untuk efikasi diri mahasiswa, persentase rata-rata sebesar 69.81% dengan kriteria cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh laboratorium virtual (OSIBYL) terhadap pengetahuan prosedural dan efikasi diri mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-085 |
Keywords: | laboratorium virtual (osibyl); pengetahuan prosedural; efikasi diri; praktikum ekstraksi dna |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 10:04 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 10:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46452 |