Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Pengetahuan Prosedural dan Efikasi Diri Mahasiswa Pada Praktikum Ekstraksi DNA di Program Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan

Ritonga, Dian Sasmita (2022) Pengaruh Laboratorium Virtual Terhadap Pengetahuan Prosedural dan Efikasi Diri Mahasiswa Pada Praktikum Ekstraksi DNA di Program Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1, NIM 4183141069 COVER.pdf]
Preview
Text
1, NIM 4183141069 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183141069 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183141069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183141069 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183141069 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183141069 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183141069 PREFACE.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183141069 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183141069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4183141069 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4183141069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4183141069 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4183141069 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183141069 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183141069 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183141069 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183141069 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183141069 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183141069 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183141069 BIBLIOGRPAHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183141069 BIBLIOGRPAHY.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laboratorium virtual (OSIBYL) terhadap pengetahuan prosedural dan efikasi diri mahasiswa pada praktikum ekstraksi DNA di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah Pre-Experimental dengan desain penelitian One Group of Pretest-Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas PSPB 2019 Universitas Negeri Medan yaitu sebanyak 6 kelas. Sampel yang digunakan berjumlah 32 mahasiswa yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data pengetahuan prosedural menggunakan soal pretest dan post-test dan angket efikasi diri. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata skor pretest pengetahuan prosedural adalah
66.41 dan post-test 81.25. Peningkatan pengetahuan prosedural ditunjukan oleh nilai n-gain sebesar 0.433 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel (8.646 > 2.040), maka Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata hasil pretest dan post-test. Untuk efikasi diri mahasiswa, persentase rata-rata sebesar 69.81% dengan kriteria cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh laboratorium virtual (OSIBYL) terhadap pengetahuan prosedural dan efikasi diri mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BIO-085
Keywords: laboratorium virtual (osibyl); pengetahuan prosedural; efikasi diri; praktikum ekstraksi dna
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Jul 2022 10:04
Last Modified: 18 Jul 2022 10:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46452

Actions (login required)

View Item
View Item