Panjaitan, Jeri Krisman Mangasa (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Siswa SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163131019 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
2. NIM. 5163131019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
3. NIM. 5163131019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. NIM. 5163131019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
5. NIM. 5163131019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 5163131019 TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM. 5163131019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
8. NIM. 5163131019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
9. NIM. 5163131019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
12. NIM. 5163131019 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14. NIM. 5163131019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Sikap adalah salah satu istilah bidang psikologi yang berhubungan dengan persepsi dan tingkah laku. Ranah afektif tidak dapat diukur seperti halnya ranah kognitif, karena dalam ranah afektif kemampuan yang diukur adalah menerima (memperhatikan), meliputi kepekaan terhadap kondisi, gejala, kesadaran, kerelaan, mengarahkan perhatian. Pengembangan instrumen penilaian sikap ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam menilai sikap siswa dengan menggunakan instrument penilaian yang efektif. Pengembangan instrumen evaluasi ini ditujukan untuk guru dimana nantinya instrumen evaluasi ini akan membantu guru untuk melakukan penilaian atau evaluasi afektif khususnya pada bagian sikap siswa yang lebih baik lagi dan lebih efektif. Penilaian sikap yang utama dilakukan selama periode satu semester oleh guru mata pelajaran (selama proses pembelajaran pada jam pelajaran), guru bimbingan konseling (BK), dan wali kelas (selama siswa di luar jam pelajaran). Penilaian afektif yang ideal dapat dilakukan menggunakan beberapa teknik: Pertama adalah observasi atau pengamatan, instrumen yang digunakan menggunakan lembar observasi. Kedua, penilaian diri, penilaian ini dilakukan oleh peserta didik sendiri, dalam kaitannya menemukan kelebihan serta kelemahan yang terdapat pada dirinya sendiri. Kurikulum 2013 ini dimana sistem pendidikan Indonesia mulai memandang penting penilaian afektif ini sehingga guru diharuskan menilai afektif siswa dengan instrumen yang telah disediakan oleh kurikulum 2013 untuk menjadikan bahan evaluasi guru selain kognitif.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi jurusan Teknik Elktronika Industri (TEI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan atau yang dikenal dengan Research And Development (R&D). Telah dilakukan uji kelayakan instrument oleh tiga ahli. Dari hasil uji kelayakan pada ahli pertama memberikan nilai rata-rata 3,86 dan menyatakan layak digunakan, uji kelayakan instrument pada ahli kedua memberikan nilai rata-rata 2,86 dan menyatakan layak digunakan dengan revisi, uji kelayakan pada ahli ketiga memberikan nilai rata-rata 3,71 dan menyatakan layak digunakan. Dari penilaian ketiga ahli nilai rata-rata yang diberikan sebesar 3,48 dan menyatakan layak digunakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Instrumen Penilaian Sikap, Instrumen, Sikap Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 06:52 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46421 |