Simbolon, Satria Novita (2021) Peran Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Materi Berkomitmen Terhadap Pancasila Sebagai Dasar Negara di Kelas VII SMP Methodist 1 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3173311046 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 3173311046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 3173311046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM 3173311046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM 3173311046 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. NIM 3173311046 TABLES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM 3173311046 SCHEMAS.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 3173311046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
12. NIM 3173311046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
13. NIM 3173311046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya ketertarikan penulis terhadap fenomena pembelajaran dalam jaringan yang menjadi suatu keharusan karena terjadinya pandemi Covid-19, diikuti dengan menurunnya hasil belajar siswa di SMP Methodist 1 Medan tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan hasil belajar PPKn melalui pembelajaran dalam jaringan pada materi berkomitmen terhadap Pancasila sebagai dasar negara di kelas VII SMP Methodist 1 Medan tahun pelajaran 2020/2021. Guna menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data menggunakan prosedur Analisis Varians dan teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi post test dan wawancara. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 orang yang dihitung dengan menggunakan analisis varians. Hasil penelitian dari angket menunjukkan bahwasannya peran guru sebagai informator mencapai keberhasilan sebesar 19,4%, sebagai motivator sebesar 18,9%, sebagai fasilitator sebesar 29,3%, dan sebagai mediator sebesar 12,2%, serta peran guru sebagai evaluator sebesar 12,6 % atau dengan kata lain guru menjalankan perannya dengan baik yaitu sebesar 92,40%. Kemudian hasil penelitian dari post test menunjukkan bahwa sebesar 84,2% siswa lulus KKM, serta berdasarkan wawancara bersama dengan guru bidang studi didapatkan hasil bahwasannya guru selalu berusaha menjalankan perannya dengan baik dengan tujuan siswa mendapatkan kualitas belajar yang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya peran guru sangat besar pengaruhnya dalam meningkatkan hasil belajar PPKn melalui pembelajaran dalam jaringan pada materi berkomitmen terhadap Pancasila sebagai dasar negara pada siswa kelas VII SMP Methodist 1 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PKN-064 |
Keywords: | Peran guru; Pembelajaran daring; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 03:37 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46370 |