Perangin-angin, Maria (2022) Analisis Manajemen Standar Proses Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Berakreditasi Unggul Di Kota Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186132014 COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2. 8186132014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 8186132014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. 8186132014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5. 8186132014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
6. 8186132014 TABLES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7. 8186132014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. 8186132014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
9. 8186132014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. 8186132014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
14. 8186132014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Data pada website Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan tahun 2019, jumlah lembaga kursus di kota Medan pada tahun 2019 jumlah LKP yang aktif tercatat sebanyak 201 lembaga dengan 30 jenis keterampilan. Dari keseluruhan jumlah LKP tersebut, lembaga yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD dan PNF) masih relative rendah yaitu 60 lembaga (29.85%) dengan rincian: terakreditasi A sebanyak 3 lembaga, terakreditasi B sebanyak 12 lembaga dan terakreditasi C sebanyak 45 lembaga (www.banpaudpnf.or.id).
Dari data yang telah disajikan ditemukan masih banyak LKP yang belum terakreditasi yaitu 141 lembaga (70.15%)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen standar proses lembaga kursus dan pelatihan (LKP) berakreditasi unggul di kota Medan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan wawancara, pengamatan langsung, serta dokumentasi dengan Pimpinan Lembaga, Pendidik Lembaga dan Tenaga Kependidikan sebagai subjek penelitian pada manajemen standar proses lembaga kursus dan pelatihan (LKP) berakreditasi unggul. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data, kepercayaan (credibility), keterlihatan (transferability), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Penelitian ini menghasilkan (1) Perencanaan proses pembelajaran dilaksankan dengan mengacu pada keberadaan silabus, keberadaan RPP, dan materi pembelajaran. Semua beracuan pada standar kompetensi lulusan (SKL). (2) Pengorganisasian proses pembelajaran dilaksanakan dengan mengacu pada delapan standar pendidikan. (3) Pelaksanaan proses pembelajaran dikelola kesiapan pembelajaran interaktif, rasio alat belajar dengan peserta didik, dan rasio pendidik dengan peserta didik. (4) Evaluasi dan pengawasan dilakukan melalui tahapan penyiapan panduan pengawasan proses pembelajaran, hasil pengawasan proses pembelajaran, kehadiran peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan, laporan pengawasan pembelajaran, evaluasi silabus, dan evaluasi RPP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.7 Per a |
Keywords: | Manajemen standar proses; lembaga kursus dan pelatihan berakreditasi unggul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1805 State teachers colleges L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 10:33 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 10:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46336 |