PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2020/2021

Sembiring, Emi Sriana (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4162111021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4162111021 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4162111021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4162111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4162111021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4162111021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4162111021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4162111021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4162111021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4162111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4162111021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4162111021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4162111021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4162111021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4162111021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4162111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang valid dan praktis pada materi bangun ruang kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan Model Pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Hasil validasi isi (content validity) media pembelajaran menunjukkan kategori sangat valid dengan skor 85,4%. Hasil validasi konstruk (construc validity) media pembelajaran menunjukkan kategori sangat valid dengan skor 83,3%. Skor kepraktisan berdasarkan hasil penilaian guru adalah 86,6% dengan kategori sangat praktis dan skor kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa adalah 89,8% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dihasilkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi bangun ruang kubus dan balok yang valid dan praktis. Media yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai alternatif oleh guru dalam kegiatan pembelajaran dan dapat dijadikan pedoman bagi guru dan peneliti lain, dalam mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 177
Keywords: Augmented reality; Kubus; Balok; Bangun ruang; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Jul 2022 09:02
Last Modified: 11 Jul 2022 09:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46326

Actions (login required)

View Item
View Item