Mursid, R (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INGGRIS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11 (2). pp. 195-207. ISSN 1979-6692; e-ISSN : 2407-7437
Turnitin.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa membaca dalam bahasa Inggris yang diajar dengan strategi pembelajaran Simulasi Sosial lebih tinggi daripada dengan strategi pembelajaran Ekspositori, (2) hasil belajar membaca siswa dalam bahasa Inggris dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada motivasi belajar rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar membaca siswa bahasa Inggris. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Peureulak Aceh Timur terdiri dari 6 kelas dengan jumlah sebanyak 204 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Simulasi Sosial lebih tinggi daripada yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi daripada motivasi belajar rendah, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Inggris.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | strategi pembelajaran; motivasi belajar; membaca bahasa inggris |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 16:15 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 16:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46282 |