Gultom, Erdiana (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PENGAJARAN TERMOKIMIA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136142007 Cover.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. 8136142007 Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
3. 8136142007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. 8136142007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. 8136142007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. 8136142007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. 8136142007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. 8136142007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. 8136142007 Bab I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
10. 8136142007 Bab V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
11. 8136142007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah bahan ajar termokimia pada kimia umum 1 perlu untuk direvisi, (2) mengetahui apakah bahan ajar termokimia hasil pengembangan telah memenuhi standar merujuk standar BSNP, (3) mengetahui tanggapan dosen pengampu mata kuliah umum terhadap bahan ajar termokimia yang dikembangkan, (4) mengetahui tanggapan mahasiswa jurusan kimia terhadap bahan ajar termokimia yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah bahan ajar kimia umum 1 pokok bahasan termokimia. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa jurusan kimia semester 4 Universitas Negeri Medan dan 3 orang dosen pengampu kimia umum. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan (1)Hasil analisis bahan ajar kimia umum pokok bahasan termokimia menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut merujuk pada standar BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) dengan nilai rata-rata 2,87 artinya layak untuk digunakan namun perlu untuk dikembangkan, (2) Hasil analisis bahan ajar termokimia yang dikembangkan merujuk pada standar BSNP dengan nilai rata-rata 3,63 artinya sangat layak untuk dipergunakan, (3) Tanggapan dosen pengampu kimia umum terhadap bahan ajar termokimia yang telah dikembangkan diperoleh rata-rata 3,66 menunjukkan bahan ajar sangat layak untuk digunakan, (4) Tanggapan mahasiswa jurusan kimia terhadap bahan ajar termokimia yang telah dikembangkan diperoleh rata-rata 3,31 menunjukkan bahan ajar sangat layak untuk dipergunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.360 71 Gul p |
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan (R & D); Termokimia; Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4628 |