PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN MESIN KONVERSI ENERGI

Mursid, R (2019) PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN MESIN KONVERSI ENERGI. Jurnal TIK dalam Pendidikan, 6 (2). pp. 182-192. ISSN 2355-4983; 2407-7488

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis e-learning yang layak digunakan dan efektif, mudah dipelajari siswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Brog dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey.. Data kualitas produk pengembagan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) uji materi mesin konversi energi berada pada kualifikasi sangat baik (93,83%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (88,55%), (3) uji rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (94,10%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91,43%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (93,63%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (97,96%). Dari hasil efektifitas produk pemebelajaran media e-learning menggunakan schoology yaitu rata-rata nilai siswa sebesar 80,46% dibandingkan dengan siswa tidak menggunakan media e-learning menggunakan schoology sebesar 71,71%. Disimpulkan macromedia flash mesin konversi energi berbasis schoology layak digunakan dan efektif bagi siswa dan guru karena rata-rata uji coba produk mencapai 93,25% dalam kriteria sangat baik

Item Type: Article
Keywords: macromedia flash; mesin konversi energi; e-learning schoology
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Jul 2022 10:14
Last Modified: 07 Jul 2022 10:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46279

Actions (login required)

View Item
View Item