Mursid, R (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PRAKTEK BLOK WEEK AND MONTH RELEASE DAN SIKAP WIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR TUNE-UP. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 12 (1). pp. 36-48. ISSN 2407-7437
Article.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Turnitin.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar tune-up motor bensin siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran model paktek blok week release dan model praktek blok month release, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar tune-up motor bensin yang memiliki sikap wirausaha positip dengan sikap wirausaha negatip, (3) Mengetahui interaksi antara model praktek dan sikap wirausaha terhadap hasil belajar tune-up motor bensin siswa. Hasil penelitian adalah (1) Hasil belajar tune-up motor bensin siswa yang diajar dengan model blok week release lebih tinggi daripada hasil belajar tune-up motor bensin siswa yang diajar dengan model blok month release, (2) Sikap wirausaha positip dan sikap wirausaha negatip memberikan hasil belajar lebih tinggi dengan hasil belajar tune-up motor bensin pada kelompok siswa yang mempunyai sikap wirausaha positip sedangkan skor rata-rata hasil belajar tune-up motor bensin pada kelompok siswa yang mempunyai sikap wirausaha negatif. (3) terdapat interaksi antara model praktek dengan sikap wirausaha terhadap hasil belajar tune-up motor bensin, hal ini terbukti dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa bagi kelompok siswa yang memiliki sikap wirausaha positip memperoleh nilai hasil belajar lebih baik bagi yang diajar dengan pembelajaran model praktek blok week release, sedangkan bagi siswa yang sikap wirausaha negatip memperoleh nilai hasil belajar lebih baik bagi yang diajar dengan menggunakan pembelajaran model praktek blok month release.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | model praktek; blok week and monthrelease; sikap wirausaha; tune-up |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 10:04 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 10:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46277 |