PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW-STAD DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK

Mursid, R (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW-STAD DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 12 (1). pp. 101-113. ISSN 2407-7437

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik; (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah; (3) untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Katolik. Metode dalam penelitian quasi-eksperimen. Desain penelitian faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar Pendidikan Agama Katolik siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) Hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah; dan (3) Terdapat nteraksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PAK.

Item Type: Article
Keywords: model pembelajaran; kooperatif tipe JIGSAW dan STAD; kecerdasan interpersonal; pendidikan agama katolik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Jul 2022 09:58
Last Modified: 07 Jul 2022 09:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46276

Actions (login required)

View Item
View Item