PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Mursid, R (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14 (1). pp. 75-87. ISSN 1979-6692; e-ISSN : 2407-7437

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPS dengan startegi pembelajaran NHT dan STAD, mengetahui pengaruh hasil belajar IPS terhadap kecerdasan interpersonal dan intrapersonal, mengetahui adanya interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan ganda terhadap hasil belajar IPS. Populasi penelitian siswa kelas XI SMK Negeri 1 Meranti. Sampel penelitian siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen semu dengan faktor 2 × 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Prestasi belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran NHT lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran STAD;Prestasi belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal; dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran NHT dan strategi pembelajaran STAD dan kecerdasan berganda (kecerdasan intrapersonal dan interpersonal) terhadap prestasi belajar IPS siswa. Berdasarkan nilai rata-rata siswa memberikan indikasi bahwa kelompok siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal akan lebih baik diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran NHT dan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal akan lebih baik diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD.

Item Type: Article
Keywords: strategi pembelajaran; kecerdasan ganda; ilmu pengetahuan sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Jul 2022 09:02
Last Modified: 07 Jul 2022 09:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46269

Actions (login required)

View Item
View Item