Mursid, R (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14 (1). pp. 75-87. ISSN 1979-6692; e-ISSN : 2407-7437
Article.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Turnitin.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPS dengan startegi pembelajaran NHT dan STAD, mengetahui pengaruh hasil belajar IPS terhadap kecerdasan interpersonal dan intrapersonal, mengetahui adanya interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan ganda terhadap hasil belajar IPS. Populasi penelitian siswa kelas XI SMK Negeri 1 Meranti. Sampel penelitian siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen semu dengan faktor 2 × 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Prestasi belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran NHT lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran STAD;Prestasi belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal lebih tinggi daripada siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal; dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran NHT dan strategi pembelajaran STAD dan kecerdasan berganda (kecerdasan intrapersonal dan interpersonal) terhadap prestasi belajar IPS siswa. Berdasarkan nilai rata-rata siswa memberikan indikasi bahwa kelompok siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal akan lebih baik diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran NHT dan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal akan lebih baik diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran STAD.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | strategi pembelajaran; kecerdasan ganda; ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 09:02 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46269 |