Mursid, R (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INQUIRY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 10 MAS. ISLAMIYAH SUNGGAL. Jurnal TIK dalam Pendidikan, 9 (1). pp. 1-8. ISSN 2355-4983; 2407-7488
Article.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis inquiry yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis inquiry yang dikembangkan pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Menurut penilaian dari ahli yang meliputi ahli materi, ahli media pembelajaran, dan desain pembelajaran yaitu produk penelitian masuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil Uji coba perorangan, Uji coba kelompok kecil, dan Uji coba kelompok lapangan produk masuk dalam kategori sangat baik. Uji t diperoleh nilai thitung = 2,01, ttabel untuk N = 40 diperoleh 1,69. nilai thitung> ttabel yang berarti antara hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis inquiry dapat diterima dan teruji kebenarannya. Efektifitas dari media pembelajaran interaktif berbasis inquiry pada mata pelajaran matematika sebesar 63,44%
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Matematika; Adobe Flash Card |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 08:01 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46268 |