Sibarani, Asmin Banija (2021) METAANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172111025 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4172111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3. NIM 4172111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4. NIM 4172111025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM 4172111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 4172111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. NIM 4172111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM 4172111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model Problem-based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan jenjang pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian metaanalisis jenis deskritif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah pada e-journal nasional tahun 2016-2020. Subjek penelitian ini yaitu artikel penelitian mengenai pengaruh model Problem-based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang di index oleh Sinta (science and Technology Index). Objek penelitian yaitu pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dilaporkan peneliti terdahulu pada artikel penelitian. Saringan yang digunakan dalam pemilihan artikel yaitu (1) penelitian kuantitatif dan memenuhi data effect size, (2) adanya data effect size yang dibutuhkan seperti rerata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan standard deviasinya, (3) artikel yang diterbitkan lima tahun terakhir, (4) indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang digunakan, (5) jenjang pendidikan pada tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat. Hasil penelitian: (1) secara keseluruhan model Problem-based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan nilai effect size sebesar 0,71 pada kategori efek besar, (2) besar pengaruh model Problem-based Learning berdasarkan jenjang pendidikan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada tingkat SMP sederajat lebih tinggi yaitu dengan nilai effect size sebesar 0.78 dibandingkan pada tingkat SMA sederajat yaitu sebesar 0,55 dengan kategori efek besar, (3) besar pengaruh model Problem-based Learning berdasarkan wilayah menunjukkan hasil yang positif pada wilayah Sumatera Selatan dengan nilai effect size sebesar 1,50 pada kategori efek besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 166 |
Keywords: | Problem based learning; Pemecahan masalah matematis; Metaanalisis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 07:01 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46248 |