Hasairin, Ashar (2019) Peningkatan Kualitas Dosen Dalam penelitian dan Pengabdian di Pusat Sains dan Teknologi Unimed dengan Penerapan Mind Set Dan Pemetaan. Project Report. LPPM, Medan.
Full Text.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penanaman konsep dasar sains dan teknologi perlu dilakukan dosen agar tidak terjadi
miskonsepsi yang membawa dampak bagi pelakasanaan penelitian dan pengabdian pada
masyarakat. Pemetaan sains dan teknologi berisikan informasi skema, gambar alur pikir, peta
konsep “Map Drawing” dalam bidang kajian untuk menanamkan konsep dasar sains dan
teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan dosen dalam pembelajaran,
penelitian dan pengabdian masyarakat dengan penerapan mind set dan pemetaan. Penelitian
bersifat deskriptif dengan cara survey eksploratif penelusuran langsung proposal penelitian dan
pengabdian dosen secara “Purpossive sampling”. Identifikasi pada setiap masalah penelitian
dan pengabdian dilengkapi dengan instrumen angket. Data dikumpul, ditabulasi dan dianalisis
secara kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya dideskripsikan secara naratif menghasilkan alur peta
pikiran, peta konsep dalam bidang sains dan teknologi. Untuk menganalisis pengembangan dan
keefektifan dosen dapat dilakukan dengan angket dihitung melalui persentase. Hasil penelitian
diperoleh pada pembelajaran jumlah skor keseluruhan pengerjaan enam tugas KKNI sebesar
72,0% dengan angka yang berbeda-beda pada setiap aspek termasuk ke dalam kriteria sulit. Hasil
evaluasi kemampuan produk buku roadmap penelitian rata-rata dianggap sudah memadai,
meskipun masih ada yang kurang kemampuannya. Pengetahuan responden (dosen) dan dari
pemahaman kepada penerapan cukup meningkat dari hasil jawaban responden dibantu dengan
buku roadmap penelitian. KDBK dijadikan sebagai payung penelitian dan pengabdian kepada
masyarakat yang dirancang berupa inovasi dan teknologi dalam kajian materi Sains dan
Teknologi dengan memanfaatkan sumber daya alam di Sumatera Utara. Pengembangan dan
keefektivan dosen dalam pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan
penerapan mindset dan pemetaan pikiran dapat diukur dengan menggunakan angket terbuka
dengan isian tentang keefektivan dosen