Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Karakter Dengan Pendekatan Scientific Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Pendidikan Sejarah

Tanjung, Samsidar (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Karakter Dengan Pendekatan Scientific Multikultural Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Pendidikan Sejarah. Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (83MB) | Preview

Abstract

Menghadapi berbagai tantangan kehidupan baik lokal,
regional maupun intemasional dalam pendidikan, tidak tertepas dari budaya· dan.mu\tikultur yang dikemas dalam pendidikan sejarah. Maka dipertukan pendidikan dengan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Karakter Pendekatan Scientific Multikuttural metatui kurikulum yang terintegrasi budaya lokal. Pendidikan yang demikian berorientasi pada pembentukan karakter dan berbudaya yaitu pendidikan yang memberikan jiwa keberanian dan kemauan menghadapi permasalahan hidup dan kehidupan secara wajar, berjiwa andiri, tangguh dan berdaya saing, dan berjiwa kreatif untuk mencari solusi dalam mengatasi permasalahan -masyarakat yang berkembang. Mata kuliah Pendidikan Sejarah diharapkan mampu
memberikan pembelajaran, pelatihan, penugasan lapangan, surve, dan praktik kerja. Tujuan penelitian ini adalah: (1) memperoleh informasi secara mendalam tentang; kompetensi,
karakteristik, kemampuan awal mahasiswa, dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah sebagai salah.satu masukan untuk mengembi:U1gkan model pembelajaran dan bahan ajar;(2) mengembangkan bahan ajar melalui Model Pembelajaran Berbasis Karakter Pendekatan Scientific Multikultural; (3) mengembangkan strategi pembelajaran Berbasis Karakter
Pendekatan Scientific Multikultural; (4) mengembangkan bahan ajar pembelajaran sejarah; {6) mengetahui efektifitas dan keunggulan bahan ajar sejarah; dan (7) mengimplentasikan
bahan ajar pembelajaran sejarah. Metode penelitian Tahap I; melakukan studi pendahuluan, meliputi: (1) studi literatur dengan mencari, menemukan bahan ajar serta media
pembelajaran sejarah dan strategi yang cocok; (2) studi lapangan, untuk mencari pola dan bentuk pembelajaran yang tepat yang didukung dengan penggunaan strategi pembelaiaran
dan metode pembelajaran pada mahasiswa; (3) hasil studi tersebut dianalisis dan dideskripsikan untuk dicaritemukan bahan ajar sejarah yang tepat berdasar1<an karakteristik
bidang studi, masalah belajar, dan karakteristik mahasiswa. Tahap II; dilakukan uji kaji produk. Proses penyempumaan Model Pembelajaran Berbasis Karakter Pendekatan Scientific Multikultural. Merumuskan dan merancang desain bahan ajar pembelajaran dan penggunaan strategi dan bahan pembelajaran, dan menyusun dan membuat perangkat bahan ajar pembelajaran, penggunaan strategi. Hasil dari keseluruhan produk untuk
dilakukan uji validasi ahli. Tahapan berikutnya dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Tahap Ill; dilakukan penyempumaan Model
Pembelajaran Berbasis Karakter Pendekatan Scientific Multikultural secara bersamaan dengan melakukan uji efektifitas produk dengan cara rnembandingkan produk yang
dikembangkan dengan produk lain. Untuk mengetahui keunggulan dari bahan ajar yang dikembangkan dilakukan penelitian eksperimen. Hasil dari keseluruhan pelaksanaan kegiatan ini sudah menjadi produk bahan ajar akhir setelah rnengalami berbagai perbaikan. revisi secara mendalam; Uji kaji dan pengembangan secara berkelanjutan dengan berbagai masukan dan dianalisis dengan dilakukan penelitian dan desiminasi produk bahan ajar melalui seminar, karya ilmiah melalui jumal lntemasional dan atau Nasional terakreditasi.
Luaran yang ditargetkan: Jumal intemasional, Buku ber ISBN, dan HKI, Prosiding Seminar lntemasional, . Prosiding Seminar· Nasional; TKT penelitian · dan hasil penelitian yang_ : diperoleh sesuai tahun pelaksanaan penelitian adalah. perigembangan model pembelajaran sesuaidengan kebutuhan belajar dan memecahkan masalah belajar, peralatan dan proses yang tersistem dan terintegrasi dalam m.orlel, penerapari teknologi pendidikan, melakukan penguji~n tahap ~elayakan dan efektifitas produk yang dikembangkan. melakukan uji ahli, uji kelayakan dan uji efektifitas produk yang dikembangkan dalam model, dan perangkat pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: model pembelajarari; berbasis karakter; scientific multicultural; pendidikan sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:05
Last Modified: 30 Jun 2022 22:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46115

Actions (login required)

View Item
View Item