Sembiring, Nina Karina (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SIGIL SOFTWARE PADA MATERI GERAK LURUS DI SMAS PAB 8 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173121034 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 4173121034 APROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 4173121034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM. 4173121034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. NIM. 4173121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM. 4173121034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
13. NIM. 4173121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM. 4173121034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis problem solving pada materi gerak lurus yang layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran fisika di sekolah, mengetahui respon peserta didik dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan e-modul yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 di SMA Swasta PAB 8 Saentis yang berjumlah 20 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media, angket penilaian guru, angket respon peserta didik, dan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap e-modul pembelajaran fisika berbasis problem solving. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 87,1% termasuk dalam kategori baik dengan kriteria sangat layak digunakan dan ahli media sebesar 78,8% termasuk dalam kategori baik dengan kriteria layak digunakan, penilaian guru fisika sebesar 86,82% dalam kategori baik atau sangat layak digunakan. Respon peserta didik setelah mengunakan e-modul sebesar 86,7% termasuk dalam kategori sangat baik atau sangat praktis digunakan. Sedangkan pada hasil tes peserta didik dilakukan pretes dan postes sehingga didapatkan nilai N-gain sebesar 0,66 termasuk kategori cukup efektif. Dan dapat disimpulkan pengembangan e-modul pembelajaran fisika berbasis problem solving berbantuan sigil software pada materi gerak lurus di SMA Swasta PAB 8 Saentis dinyatakan valid atau layak, praktis digunakan dan cukup efektif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 014 |
Keywords: | Problem solving; Sigil software; Gerak lurus; E-modul; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 04:09 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46078 |