Tambunan, Mariana (2015) PENERAPAN METODE LATIHAN BERSTRUKTUR DENGAN MEDIA MICROSOFT FRONT PAGE TERHADAP KREATIVITAS SISWA MENYELESAIKAN SOAL DAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136141006 Cover.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. 8136141006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
3. 8136141006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. 8136141006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. 8136141006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. 8136141006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. 8136141006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. 8136141006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. 8136141006 Bab I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
10. 8136141006 Bab V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
11. 8136141006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Penerapan pembelajaran latihanberstruktur dengan menggunakan media Microsoft Frontpage terhadap hasilbelajar siswa, (2) Penerapan pembelajaran latihan berstruktur terhadap kreativitasbelajar siswa, (3) interaksi antara pembelajaran latihan berstruktur denganmenggunakan media microsoft frontpage terhadap kreativitas dan hasil belajarsiswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di SMA Negeri 5Medan terdiri dari 8 kelas tahun ajaran 2014/ 2015. Teknik pengambilansampel adalah purposive sampel. Sampel penelitian yang terdiri dari 2 kelas,kelas eksperimen-1 yang dibelajarkan dengan pembelajaran latihan Berstrukturdengan media microsoft frontpage yaitu kelas XI MIA-1 dan kelas eksperimen-2 yang diajarkan dengan pembelajaran direct instruction dengan mediamicrosoft frontpage yaitu kelas XI MIA-2 dengan jumlah sampel 80siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar dan lembar observasikreativitas belajar. Uji cobates menggunakan Microsoft Exel 2007 dan dari 30butir soal yang diuji cobakan terdapat 20 butir soal yang valid. Uji reliabilitasdiperoleb r11 sebesar 0,76 (sangat tinggi). Telah dilakukan uji persyaratanberupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa datanormal dan homogen. Teknik analisa data dilakukan dengan General LinierModels (GLM) Univariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasilbelajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran latihan berstruktur denganmedia Microsoft Frontpage memiliki rerata gain adalah 0,61 lebih tinggi darinilai rata-rata gain hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajarandirect instruction dengan media Microsoft Frontpage yaitu 0,44; (2) Rata- ratahasil belajar yang diperoleh siswa yang kreativitas tinggi adalah 87,10(kategori tinggi) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar yang kreativitasrendah yaitu 70,85 (kategori rendah); (3) tidak terdapat interaksi metodepembelajaran terhadap kreativitas belajar dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Sin p |
Keywords: | Latihan Berstruktur, Microsoft Frontpage, kreativitas, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4605 |