PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIK

Sembiring, Dennis (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4162121006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4162121006 COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4162121006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4162121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4162121006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4162121006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4162121006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4162121006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4162121006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4162121006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4162121006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4162121006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4162121006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4162121006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4162121006 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4162121006 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan pembelajaran berbasis STEM dan pembelajaran konvensional, mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pembelajaran berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statik kelas XI semester II SMA Swasta Deli Murni Bandar Baru T.P 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dan desain penelitian control group pretest-postest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester II SMA Swasta Deli Murni Bandar Baru T.A 2020/2021 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak (cluster random sampling) terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI MIA A sebagai kelas eksperimen dan XI MIA B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes dalam bentuk essay dengan jumlah soal 6 buah yang telah divalidkan. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 41,4 dan 39,2. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Berdasarkan uji t dua pihak didapat nilai thitung = 0,011 dan ttabel = 1,685, pada taraf signifikan 0,05 (th < tt). Hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 75,35 dan 55,75. Kedua kelas juga berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil analisis uji t satu pihak didapat nilai thitung = 7,29 dan ttabel = 2,02, pada taraf signifikan 0,05 (th > tt). Hal ini menyatakan ada pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 005
Keywords: Fluida statik; Pendekatan silo; Pendekatan tertanam; Pendekatan terpadu; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:38
Last Modified: 08 Jun 2022 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46040

Actions (login required)

View Item
View Item