Sembiring, Dennis (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4162121006 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM. 4162121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM. 4162121006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 4162121006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
5. NIM. 4162121006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
9. NIM. 4162121006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13. NIM. 4162121006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. NIM. 4162121006 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan pembelajaran berbasis STEM dan pembelajaran konvensional, mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pembelajaran berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statik kelas XI semester II SMA Swasta Deli Murni Bandar Baru T.P 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dan desain penelitian control group pretest-postest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester II SMA Swasta Deli Murni Bandar Baru T.A 2020/2021 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak (cluster random sampling) terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI MIA A sebagai kelas eksperimen dan XI MIA B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes dalam bentuk essay dengan jumlah soal 6 buah yang telah divalidkan. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 41,4 dan 39,2. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Berdasarkan uji t dua pihak didapat nilai thitung = 0,011 dan ttabel = 1,685, pada taraf signifikan 0,05 (th < tt). Hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 75,35 dan 55,75. Kedua kelas juga berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil analisis uji t satu pihak didapat nilai thitung = 7,29 dan ttabel = 2,02, pada taraf signifikan 0,05 (th > tt). Hal ini menyatakan ada pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 005 |
Keywords: | Fluida statik; Pendekatan silo; Pendekatan tertanam; Pendekatan terpadu; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 04:38 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46040 |