TAMPUBOLON, PUTRI CHRISTIA R. (2021) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173341038 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 7173341038 APPROVA SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM. 7173341038 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4. NIM. 7173341038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 7173341038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 7173341038 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7173341038 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 7173341038 LIST OF APPENDICE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7173341038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
13. NIM. 7173341038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 7173341038 RFERENCES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah berfluktuasinya prestasi belajar siswa dengan tendensi menurun dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Binjai T.P. 2020/2021.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Binjai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Binjai, dengan populasi sebanyak 105 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 105 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan secara parsial uji-t (thitung > ttabel), pengaruh literasi digital =4,006 > 1,659 dan minat belajar = 7,228 > 1,659; serta secara simultan Fhitung > Ftabel (70,783 > 3,09) dengan taraf signifikasni 0,000 < 0,005. Besarnya kontribusi variabel independent terhadap dependen ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 58,1% sedangkan 41,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Model persamaan regresinya adalah Y = 1,632 + 0,380 X1 + 0,584 X2.
Kesimpulannya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Literasi Digital dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Literasi Digital, Minat belajar, Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 01:37 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46033 |