SIANTURI, MEGAWATI (2021) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DAN SELF-DIRECTED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM. 7172141004 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2.NIM. 7172141004 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3.NIM. 7172141004 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4.NIM. 7172141004 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5.NIM. 7172141004 TABLE OF CONTECT.pdf.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6.NIM. 7172141004 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7.NIM. 7172141004 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8.NIM. 7172141004 APPENDDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9.NIM. 7172141004 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
13.NIM. 7172141004 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
14.NIM. 7172141004 BIBLIOBIGRAPY.pdf.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-learning dan self-directed learning terhadap motivasi belajar mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitafif dengan jenis penelitian ex pot facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018. Sampel dalam penelitian ini adalah 81 mahasiswa yang diambil menggunkan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi, dan kuesioner (angket). Teknik analisis data dilakukan dengan uji hipotesis dengan menggunakan walt test dan uji chi square pada taraf signifikasi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan e-learning terhadap motivasi belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Self-directed learning terhadap motivasi belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan e- learning dan Self-directed learning terhadap motivasi belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-learning, Self-Directed Learning, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 03:34 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46011 |