Tumanggor, Ricardo Jonatan (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI MIA SMA SWASTA TAMAN SISWA MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171141038 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 4171141038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
3, NIM 4171141038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. NIM 4171141038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM 4171141038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9. NIM 4171141038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
13. NIM 4171141038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14. NIM 4171141038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penggunaan ataupun pemanfaatan berbagai media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat mempermudah pembelajaran khususnya pada Mata Pelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media Pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Articulate Storyline pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI Mia SMA Swasta Taman Siswa Medan, Menghasilkan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang layak dari ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran, mengetahui kelayakan Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi berdasarkan angket respon peserta didik, mengetahui efektifitas Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Biologi dengan Pendekatan saintifik berbasis Articulate Storyline berdasarkan peningkatan nilai siswa pada materi Sistem Ekskresi dikelas XI Mia SMA Swasta taman siswa Medan. Penelitian pengembangan dilakukan dengan desain yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari: Analisis (analyze), Perencanaan (desain), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan Evaluasi (evaluation). Analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayak media Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) Biologi adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan (1) Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Biologi dengan pendekatan saintifik berbasis Articulate storyline pada materi sistem ekskresi dikembangakan melalui 5 tahapan yaitu Analysis, design, development, implementation dan evaluation. (2). Media Lembar kerja peserta didik (LKPD) Biologi dengan pendekatan saintifik berbasis Articulate storyline ini Layak digunakan berdasarkan penilaian: a) ahli Media diperoleh 91,66 dengan kategori “sangat layak”, b) ahli Materi diperoleh 95,83 dengan kategori “Sangat Layak” dan c) ahli pembelajaran diperoleh 95 dengan kategori “ Sangat Layak”. (3). Respon siswa terhapa media Lembar Kerja Articulate storyline yaitu: (a). Uji Perorangan diperoleh nilai rata-rata 93,9 dengan kategori Sangat Layak. (b). Uji kelompok kecil diperoleh nilai rata-rat 99,6 dengan kategori Sangat Layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 045 |
Keywords: | Articulate storyline; Sistem ekskresi; Pendekatan saintifik; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 04:45 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46000 |