NASUTION, LOLA AULIA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DALAM BENTUK BUKU SAKU AKUNTANSI DIGITAL DI KELAS XII PIIS MAN 1 DELI SERDANG TP. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173142017 COVER.pdf - Published Version
Download (0B)
2. NIM 7173142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM 7173142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (0B)
4. NIM 7173142017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (0B)
5. NIM 7173142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (0B)
6. NIM 7173142017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (0B)
10. NIM 7173142017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (0B)
11. NIM 7173142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran jarak jauh sehingga siswa tidak tertarik membaca materi pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis Android dalam bentuk Buku Saku Digital untuk diterapkan sebagai media pembelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Menganalisis Penyusunan Siklus Akuntansi Pada Perusahaan Jasa di kelas XII PIIS MAN 1 Deli Serdang TP.2021/2022 dan mengetahui kelayakan produk berupa Buku Saku Akuntansi Digital berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi (guru) dan pendapat siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: 1) Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran (guru) MAN 1 Deli Serdang. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa kelas XII PIIS MAN 1 Deli Serdang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2016 dengan ketentuan rumus konversi jumlah rerata skor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media Buku Saku Akuntansi Digital berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 94,00 termasuk kriteria “Sangat Baik”, dan jika dipersentasekan mendapat nilai 98%, sehingga termasuk kriteria “Sangat Layak”, 2) Ahli media diperoleh total skor 78,00 termasuk kriteria “Sangat baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 89%, sehingga termasuk kriteria “Sangat Layak”, 3) Praktisi Pembelajaran akuntansi diperoleh total skor 106,00 termasuk kriteria “Sangat Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 95%, sehingga termasuk kriteria “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap media saat dilakukan uji coba rata-rata persentase setiap indikatornya 93%. Dengan demikian Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Android Dalam Bentuk Buku Saku Akuntansi Digital ini layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi Kompetensi Dasar Menganalisis Penyusunan Siklus Akuntansi Pada Perusahaan Jasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Buku Saku Akuntansi, Android, Media Pembelajaran, 4D |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 02:43 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45977 |