PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DALAM BENTUK BUKU SAKU AKUNTANSI DIGITAL DI KELAS XII PIIS MAN 1 DELI SERDANG TP. 2021/2022

NASUTION, LOLA AULIA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DALAM BENTUK BUKU SAKU AKUNTANSI DIGITAL DI KELAS XII PIIS MAN 1 DELI SERDANG TP. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7173142017 COVER.pdf] Text
1. NIM 7173142017 COVER.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 2. NIM 7173142017 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 7173142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 3. NIM 7173142017 PREFACE.pdf] Text
3. NIM 7173142017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 4. NIM 7173142017 ABSTRACT.pdf] Text
4. NIM 7173142017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 5. NIM 7173142017 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 7173142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 6. NIM 7173142017 CHAPTER I.pdf] Text
6. NIM 7173142017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 10. NIM 7173142017 CHAPTER V.pdf] Text
10. NIM 7173142017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 11. NIM 7173142017 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
11. NIM 7173142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (0B)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran jarak jauh sehingga siswa tidak tertarik membaca materi pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis Android dalam bentuk Buku Saku Digital untuk diterapkan sebagai media pembelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Menganalisis Penyusunan Siklus Akuntansi Pada Perusahaan Jasa di kelas XII PIIS MAN 1 Deli Serdang TP.2021/2022 dan mengetahui kelayakan produk berupa Buku Saku Akuntansi Digital berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi (guru) dan pendapat siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: 1) Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran (guru) MAN 1 Deli Serdang. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa kelas XII PIIS MAN 1 Deli Serdang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2016 dengan ketentuan rumus konversi jumlah rerata skor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media Buku Saku Akuntansi Digital berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 94,00 termasuk kriteria “Sangat Baik”, dan jika dipersentasekan mendapat nilai 98%, sehingga termasuk kriteria “Sangat Layak”, 2) Ahli media diperoleh total skor 78,00 termasuk kriteria “Sangat baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 89%, sehingga termasuk kriteria “Sangat Layak”, 3) Praktisi Pembelajaran akuntansi diperoleh total skor 106,00 termasuk kriteria “Sangat Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 95%, sehingga termasuk kriteria “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap media saat dilakukan uji coba rata-rata persentase setiap indikatornya 93%. Dengan demikian Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Android Dalam Bentuk Buku Saku Akuntansi Digital ini layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi Kompetensi Dasar Menganalisis Penyusunan Siklus Akuntansi Pada Perusahaan Jasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Buku Saku Akuntansi, Android, Media Pembelajaran, 4D
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:43
Last Modified: 07 Jun 2022 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45977

Actions (login required)

View Item
View Item