Rohwandi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AR (AUGMENTED REALITY) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING SISWA PADA KONSEP ALJABAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172111041 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM 4172111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
3. NIM 4172111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. NIM 4172111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM 4172111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM 4172111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM 4172111041CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM 4172111041BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran AR (Augmented Reality) berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan visual thinking siswa pada konsep aljabar. Tidak hanya itu saja penelitian ini juga melihat pengaruh serta efektivitas media AR Aljabar dalam meningkatkan kemampuan visual thinking siswa kelas VII MTsN 2 Medan. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan ADDIE. Lokasi penelitian berada di MTsN 2 Medan yang terletak di jalan Peratun Nomor 3 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-10 sebanyak 25 orang. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh untuk tingkat kevalidan media dari Pakar materi menunjukan rata-rata Nilai sebesar 60,5 dengan kategori “Sangat Layak”, dari Pakar media menunjukan rata-rata Nilai sebesar 76 dengan kategori “Sangat Layak”, dan respon siswa rata-rata Nilainya sebesar 72,68 dengan kategori “Sangat Layak”. Media dikatakan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan visual thinking melalui analisis uji-t pada hasil pretest dan posttest siswa, didapatka bahwa nilai rata-rata pretest siswa sebesar 63,80 dan nilai rata-rata posttest siswa sebesar 75,96. Kemudian nilai t value sebesar 0,005 dengan artian bahwa data yang diuji memiliki perbedaan yang signifikan. Data yang diuji juga mendapat nilai P-Value sebesar 0,003 dengan tafsiran bahwa data yang diuji memiliki signifikan korelasi. Selanjutnya media AR Aljabar efektif berdasarkan hasil anlisis respons siswa pada aspek manfaat dan hasil uji efektivitas dengan perolehan Nilai masing-masing sebesar 16,56 dengan kategori “Sangat Layak” dengan presentase sebesar 64%. Pada hasil analisis data efektivitas media pembelajaran AR aljabar yang dilihat dari hasil peningkatan hasil uji tes siswa juga menunjukan nilai presentase baik, yakni sebesar 68% dengan tafsiran “Cukup Efektif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 068 |
Keywords: | Visual thinking; Aljabar; Augmented reality; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 08:46 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45975 |