BATUBARA, HANI MAISYARAH (2021) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7171142006 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM 7171142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3. NIM 7171142006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM 7171142006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM 7171142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM 7171142006 TABLES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM 7171142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM 7171142006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
12. NIM 7171142006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
13. NIM 7171142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang rendah dikarenakan lingkungan belajar yang kurang memadai dan rendahnya kecerdasan spiritual siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kecerdasan spritual terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.A 2021/2022.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan sebanyak 144 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 106 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis dalam penelitian inimenggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis secara parsial dengan nilai thitung>ttabel (7,157 >1,983) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Kemudian kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis secara parsial dengan nilai thitung>ttabel (4,972 > 1,983) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Serta lingkungan belajar dan kecerdasan spiritual berpengaruh secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (34,819>3,08) dan nilai signifikasi (0,000<0,05).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar. Dan kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap motivasi belajar. Serta lingkungan belajar dan kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Medan T.A. 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Belajar, Kecerdasan Spriritual, Motivasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 01:26 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 01:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45941 |