Naipospos, Berliana R. (2015) CODE-SWITCHING IN TEACHING ENGLISH TO GRADE NINE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL AT PERGURUAN SISINGAMANGARAJA TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 809111027 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 809111027 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
3. 809111027 Abstrak.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. 809111027 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. 809111027 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. 809111027 Daftar Matrices.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 809111027 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 809111027 Bab I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
9. 809111027 Bab V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
10. 809111027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jenis-jenis alih kode (bahsa) dan jenis dominan dalam pengalihan kode (bahasa) yang diucapkan oleh guru pelajaran bahasa Inggris dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas Sembilan SMP, serta alasan guru tersebut melakukan pengalihan kode (bahasa) tersebut. Subjek penelitian ini adalah dua orang gurur yang mengajar di Perguruan Sisingamangaraja kelas Sembilan SMP kota Tanjungbalai. Penelitian ini menerapkan desain penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Observasi dilakukan melalui perekaman alih kode yang diujarkan dalam penjelasan guru selama proses pembelajaran bahasa Inggris berlangsung. Wawancara terhadap subjek dilakukan untuk memperoleh alasan subjek melalukan pengalihan kode (bahasa) dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas Sembilan SMP. Data yang dikumpulkan adalah bahasa yang diujarkan oleh subjek dalam dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas Sembilan SMP. Data tersebut dianalisa melalui teori peralihan kode (bahasa).Hasil penelitian ini adalah : Intra-Sentential Switching, Inter-Sentential Switching, dan Emblematic Switching diucapkan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas Sembilan SMP di Tanjung Balai. Jenis dominan yang diucapkan oleh guru adalah Inter-Sentential Switching. Menerjemahkan kosakata, menjelaskan tata bahasa, mengelola kelas, menekankan point penting, mengutip kata-kata lain, memperhalus atau memperjelas permintaan atau perintah, mengaktualisasikan identitas kelompok, memperjelas isi pelajaran, dan mencocokkan dengan arti sebenarnya adalah hal yang menyebabkan guru melakukan pengalihan kode (bahasa).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 404.207 nAI C |
Keywords: | Bilingualism; Code Maxing and the Study; Code Maxing |
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4591 |