HIDROKSIAPATIT DARI BATU KAPUR DAN APLIKASI

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan (2021) HIDROKSIAPATIT DARI BATU KAPUR DAN APLIKASI. EC00202156152.

[thumbnail of Hak Cipta Karya +Makm  ada.pdf]
Preview
Text
Hak Cipta Karya +Makm ada.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Reviewer 2.pdf]
Preview
Text
Reviewer 2.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Buku ini merupakan hasil Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi Tahun 2019-2020 dari DRPM dan Penelitian Produk Terapan Unimed Tahun 2021. Buku ini menjelaskan proses pembuatan batu kapur menjadi hidroksiapatit. Batu kapur diambil dari Kabupaten Tapanuli Utara. Metode yang digunakan adalah metode ball mill dan presipitasi untuk menghasilkan hidroksiapatit dalam ukuran nanopartikel. Hasil serbuk ini dikarakterisasi dengan FTIR, XRD, SEM-EDS. Hidroksiapatit diperoleh ukuran 66,05 nm dengan struktur hexagonal dan perbandingan Ca/P adalah 1,25. Hasil hidroksiapatit digunakan sebagai campuran pada polivinyl alkohol untuk membuat membrane nanokomposit PVA-kitosan/hidroksiatit, kemudian dikarakterisasi dengan SEM, uji mekanik dengan UTM, uji termal dengan TGA dan DSC. Hidroksiapatit digunakan sebagai bahan graft tulang melalui uji sitotoksisitas MTT dan uji aktivitas antibakteri. Diperoleh hasil bahwa hidroksiapatit dapat digunakan sebagai graft tulang karena tidak toksik, apalagi dicampur dengan 5% Ag aktivitas antibakteri dan viabilitas selnya makin baik. Buku ini sangat cocok untuk menambah wawasan dan sebagai referensi dalam melaksanakan penelitian.

Item Type: Patent
Keywords: Batu kapur; Hidroksiapatit; Membran nanokomposit; Polivinil alkohol; Uji sitotoksisitas
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:24
Last Modified: 28 Jun 2022 05:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45889

Actions (login required)

View Item
View Item