Hanim, Meiliza (2021) Penerapan Materi Tortor Batak Toba Dalam Bentuk E-Book Terhadap Efektifitas Belajar Siswa Secara Daring Di SMP Negeri 1 Sei Balai. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2161141013 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 2161141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
3. NIM 2161141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4. NIM 2161141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM 2161141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM 2161141013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM 2161141013 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM 2161141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
12. NIM 2161141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
13. NIM 2161141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan materi tortor Batak Toba dalam bentuk e-book terhadap efektifitas belajar siswa secara daring di SMP Negeri 1 Sei Balai. Sesuai dengan KD. 3.1 silabus kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian seperti penerapan oleh Abdul Wahab (2008: 65), efektifitas belajar oleh Uzer Usman (2016: 21). Jenis penelitian ini adalah eksperiment, dengan analisis kuantitatif melalui One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes (pretest posttest), dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran tortor Batak Toba di kelas VIII/1 di SMP Negeri 1 Sei Balai sebelum mendapatkan perlakuan (treatment) dengan rata-rata nilai pretest 56,25 dengan standar deviasi 12,115. Selanjutnya dilakukan posttest dengan hasil rata-rata 94,22 dan standart deviasi 4,419. Jadi, Data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Dari uji praired sempel t test mengalami peningkatan sebesar 42% dengan signifikansi lebih besar dari 0,05. Menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan efektivitas penerapan pembelajaran tortor Batak Toba dalam bentuk e-book secara daring kelas VIII di SMP Negeri 1 Sei Balai berlangsung dengan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan; Tortor Batak Toba; Efektifitas Belajar; dan Daring |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN537 Ethnic groups and races G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z116 Book industries and trade |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 11 May 2022 08:09 |
Last Modified: | 11 May 2022 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45872 |