Desain Evaluasi Pembelajaran Tari Sining Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quipper School Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)

Mahbengi, Artia (2021) Desain Evaluasi Pembelajaran Tari Sining Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Quipper School Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2161141002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2161141002 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2161141002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2161141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2161141002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2161141002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2161141002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2161141002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2161141002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2161141002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2161141002 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2161141002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2161141002 LIST OF IMAGES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2161141002 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2161141002 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2161141002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2161141002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2161141002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2161141002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2161141002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2161141002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2161141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain evaluasi tari Sining berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quipper School untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Pembuatan evaluasi mengacu pada silabus (KD 3.1) yaitu konsep teknik dan prosedur dalam menirukan ragam gerak tari untuk SMA kelas X. lokasi penelitian ini dilakukan di Prodi Prndidikan Tari, Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Medan. teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Pembuatan evaluasi tari Sining berbasis HOTS berpedoman pada teori Benjamin S Blom dalam Setiawati (2018) pada ranah kognitip yaitu pada tataran menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). untuk membuat rancangan evaluasi tari Sining memiliki tiga tahapan yaitu, 1) tahapan persiapan, 2) tahapan pelaksanaan dan, 3) tahap pemeriksaan. Pada tahap persiapan yaitu menentukan kopetensi dasar dan indikator pencapaian, ruang lingkup, kisi-kisi evaluasi, dan butir-butir soal, pada tahap pelaksanaan yaitu membuat account dan membuat soal pada aplikasi Quipper School, yang terakhir adalah tahap pemeriksaan yaitu validasi ahli materi dan validasi ahli media. Setelah melakukan validasi dengan validator bahan evaluasi akan di revisi jika ada kesalahan, kemudia siap untuk di ujicoba. Desain evaluasi dengan ahli materi (ahli evaluasi) mendapatkan skor 4,1 dengan kategori baik, dan uji validasi dengan ahli media mendapat skor 4,2 dengan kategori baik. Skor tersebut membuktikan bahwa evaluasi tersebut layak dan baik untuk di uji cobakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Desain; Evaluasi; Tari Sining; Berbasis HOTS; Aplikasi Quipper School
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 11 May 2022 08:05
Last Modified: 11 May 2022 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45869

Actions (login required)

View Item
View Item