Cahyati, Ragilia Mei and Syahmina, Ifrah (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DESA SEI MENCIRIM. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Cover.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Text.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar biologi siswa kelas X di Lingkungan Desa Sei Mencirim yang diajar dengan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), dan Model Pembelajaran Inkuiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperimen. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan hasil belajar biologi peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaraan kooperatif Group Investigation (GI) dan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran Inkuiri dengan analisis One Way Anova yang dilanjutkan dengan Post Hoc Test dengan uji LSD diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dari hasil nilai signifikan yang diperoleh bahwasanya Ha dapat diterima dan dapat dinyatakan bahwasanya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran inkuiri pada kelas X di Lingkungan Desa Sei Mencirim.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 04:14 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45862 |