Napitupulu, Bunga Gustiana and Sinaga, Erlintan and Panjaitan, Aspatita Yuliani Fransiska and Gultom, Josephine Olivia (2021) PERBEDAAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAM DENGAN STAD PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK T.P. 2017/2018. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Cover.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Text.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe MaM (Make a Match) dan STAD (Student Team Achievement Division) pada materi sistem saraf manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 68 orang dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, dimana kelas XI MIA 4 (kelas MaM) sebanyak 34 orang, dan kelas XI MIA 2 (kelas STAD) sebanyak 34 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 25 butir soal dan lembar observasi aktivitas siswa. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data bahwa nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran STAD sebesar 81.41 dengan SD 8.46 dan hasil belajar model MaM sebesar 77.06 dengan SD 9.66. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0.05, dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif MaM dengan STAD pada materi sistem saraf manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P. 2017/2018. Selain itu ditemukan juga perbedaan aktivitas siswa dengan pembelajaran model kooperatif MaM dan STAD, kelas STAD (79.11) lebih tinggi daripada kelas MaM (75.08). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran model kooperatif MaM dengan STAD pada materi sistem saraf manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P. 2017/2018.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, model MaM, model STAD. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 01:05 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 01:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45825 |