Surbakti, Raden Arjuna and Maysarah and Hasairin, Ashar (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PLANTAE DI KELAS X SMAN 4 MEDAN TP. 2019/2020. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Cover.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Text.pdf - Published Version
Download (999kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning pada Materi Plantae di Kelas X SMAN 4 Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Jurusan IPA SMAN 4 Medan yang terdiri dari 360 siswa. Sampel kelas dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel kelas terdiri atas kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning dan kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan Model Project Based Learning. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode tes. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua pihak. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil belajar siswa pada kelas Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam. Sementara berdasarkan hasil perolehan hasil belajar siswa terlihat adanya perbedaan yang signifikan dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 76,94 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Langsung sebesar 82,63. Adapun perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning sebesar 16,37 %. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan (α = 0,05), dimana thitung<ttabel yaitu -1,850 < 1,667, yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan demikian kriteria pengujian hipotesis thitung berada dalam daerah kritis tidak terpenuhi. Artinya, Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Problem Based Learning dengan Model Project Based Learning pada Materi Kingdom Plantae di kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Project Based Learning, Hasil Belajar, Plantae. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 03:54 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45824 |