PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA

Aruan, Nova Jessyca and Hasruddin (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas 5J. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan jurnal siswa, wawancara dan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan motivasi dan hasil belajar pada siswa dengan model jigsaw. Hal ini terlihat dari hasil wawancara dengan siswa dan rata-rata hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah diterapkannya model jigsaw. Disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: model jigsaw, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:54
Last Modified: 08 Apr 2022 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45823

Actions (login required)

View Item
View Item