Aruan, Nova Jessyca and Hasruddin (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Cover.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Text.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas 5J. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan jurnal siswa, wawancara dan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan motivasi dan hasil belajar pada siswa dengan model jigsaw. Hal ini terlihat dari hasil wawancara dengan siswa dan rata-rata hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah diterapkannya model jigsaw. Disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | model jigsaw, motivasi belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 03:54 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45823 |