Hartono, Adi and Hasairin, Ashar and Gultom, Tumiur and Tanjung, Indayana Febriani (2021) ANALISIS METODE ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA PERGURUAN TINGGI. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Cover.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Text.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
Abstract
Menurut Yan (2021) metode asesmen merupakan salah satu aspek penting yang sangat dibutuhkan untuk mengetahui hasil pembelajaran peserta didik secara akurat. Aspek ini menjadi bahan pertimbangan dalam penindaklanjutan proses evaluasi hasil asesmen personal peserta didik. Program Studi Tadris Biologi merupakan salah satu program studi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang telah memberlakukan metode asesmen dalam pembelajaran daring, namun metode yang diterapkan masih bersifat beragam, sehingga perlu adanya pengkajian terhadap metode asesmen tersebut untuk meningkatkan kualitas proses evaluasi pembelajaran daring di program studi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode asesmen di program studi Tadris Biologi sebagai upaya untuk menyelidiki indikator asesmen yang diimplementasikan dalam mengukur performa belajar dan kualitas hasil pembelajaran mahasiswa secara efektif dan efisien. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis data temuan melalui langkah-langkah penelitian, yaitu: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan ialah lembar kuesioner yang dibagikan kepada para dosen melalui Google Form. Data dianalisis dengan pendekatan statistik inferensial serta Miles and Huberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian bahwa secara keseluruhan dosen di Program Studi Tadris Biologi telah mengimplementasikan metode asesmen pembelajaran daring yang sesuai dengan standar prinsip penilaian, teknik dan instrumen penilaian serta prosedur penilaian di Perguruan Tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dosen di program studi tersebut telah mengikuti standarisasi indikator dan paramater metode asesmen yang baik di Perguruan Tinggi dalam pembelajaran daring.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Analisis, Metode Asesmen, Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 07:56 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45821 |